Tips Memanfaatkan Ruang Sempit

TIPS MEMANFAATKAN RUANG SEMPIT

Ruang di dalam rumah minimalis biasanya terkesan sempit dan memerlukan beberapa tak tik atau tips yang tepat untuk memanfaatkan supaya bisa digunakan secara maksimal.

Pemanfaatan ruangan yang sempit di dalam rumah yang minimalis memang sedikit tricky karena tidak semua barang dapat muat di dalam ruangan tersebut. Biasanya ruangan tersebut merupakan ruangan sisa atau ruangan yang tidak tahu akan difungsikan sebagai apa.

Memanfaatkan ruang sempit semaksimal mungkin akan menambah kesan bahwa rumah menjadi luas karena dapat memuat banyak perabotan dan furniture lainnya.

Lalu apa tips yang tepat untuk memanfaatkan ruang sempit?

1. Pilih Ukuran Meja Makan yang sesuai

Ruangan sempit yang sering dilihat adalah dapur, karena dapur merupakan ruangan yang sering digunakan setiap hari. 

Pilihlah perabotan yang tidak banyak memakan ruang tersebut, contohnya seperti pemilihan meja makan.

Meja makan yang terlalu besar akan memakan ruang dan ruangan menjadi sempit, sehingga pergerakan akan terasa tidak leluasa dan terhambat. Pilih meja kecil agar Anda memiliki cukup ruang tambahan.

Dapur juga harus didesain sesuai dengan keadaan rumah agar kegiatan memasak Anda tidak terganggu dan lebih leluasa bergerak, lalu bagaimana desain dapur minimalis namun tetap kekinian? simak selengkapnya di:

DESAIN DAPUR KECIL KEKINIAN

simak juga: TIPS MEMBUAT TAMAN RUMAH MINIMALIS

2. Letakan TV di Dinding

Ruang dengan perabotan yang cukup memakan ruang selanjutnya adalah ruang keluarga. Di dalam ruang keluarga biasanya terdapat meja, sofa, bahkan vas bunga yang besar untuk menjadi aksen ruangan tersebut. Hal ini akan membuat ruangan menjadi lebih sempit.

Tips yang dapat digunakan untuk menghemat ruangan sempit yang satu ini adalah dengan meletakkan TV di dinding.

Gunakan rak yang sudah menjadi satu dengan meletakkan televisi di dinding, dengan ini dapat menambah ruang dan terkesan menjadi luas. Tempatkan tv di dinding agak ke atas sehingga area kosong di bawahnya bisa Anda gunakan untuk menaruh benda lainnya.

3. Pilih Barang Berwarna Netral

Pada artikel sebelumnya TIPS MENATA RUANGAN RUMAH MINIMALIS menjelaskan bahwa pemilihan warna minimalis memang direkomendasikan.

Tips lainnya dalam memanfaatkan ruangan minimalis adalah dengan memilih barang atau furniture rumah Anda dengan menggunakan warna netral. Warna netral pada perabotan rumah Anda akan menjadikan kesan cerah dan memberikan kesan luas.

Namun tidak ada salahnya menambahkan corak warna pastel yang lain agar tidak membosankan.

4. Gunakan Cermin Besar

Selain warna-warna netral pemanfaatan cermin di ruangan sempit juga menjadi tips yang cukup andal dalam memberikan kesan luas karena adanya tipuan mata.

Cermin akan memantulkan yang ada di depannya hal ini akan memberikan cahaya tambahan dan dapat merubah perspektif ruangan tersebut. Pilihlah cermin dengan bingkai yang unik sebagai aksen di ruangan tersebut atau Anda dapat memilih warna sesuai tips pada poin sebelumnya.

5. Gunakan Sudut Ruangan Sebagai Rak

Di sekitar ruangan Anda pasti ada beberapa sudut-sudut ruangan yang tidak dimanfaatkan sedemikian rupa, padahal pemanfaatan sudut ruangan merupakan tips yang cukup efisien dalam memanfaatkan ruangan sempit Anda.

Beri rak dinding pada sudut ruang hal ini akan dapat menambah tempat untuk meletakkan perabotan Anda yang lain atau bisa saja menjadi wadah buku-buku kesayangan Anda.

Jika menggunakan rak yang tertempel di dinding, penambahan kursi bundar di bawahnya juga menjadi poin plus karena di sanalah Anda dapat menikmati membaca buku tanpa harus beranjak ke tempat lain.

6. Manfaatkan Ruangan Secara Vertikal

Tips yang terakhir dalam memanfaatkan ruang sempit adalah menata secara vertikal.

Yang dimaksud dalam menata secara vertikal adalah dengan menaruh perabotan ataupun furniture Anda di dinding.

Seperti pada poin-poin di atas dinding menjadi hal yang jarang digunakan, hal ini akan membuat semua perabotan tergeletak di lantai. Dinding dapat digunakan untuk penambahan rak, gantungan bahkan meja.

Semakin berkembangnya minat rumah minimalis yang sederhana, meja dinding juga sudah banyak ditemui untuk menjadi salah satu furniture yang diminati. Bagaimana tidak meja dinding biasanya bisa dilipat dan digunakan sesuai keinginan Anda. Anda dapat memanfaatkan meja lipat jika diperlukan seperti untuk meja kerja, menjadi  meja makan atau hanya menaruh pernak-pernik rumah Anda.

Jadi bagaimana Sobat Bancar, apakah sudah ada pandangan untuk merombak rumah minimalis Anda menjadi lebih luas?

Di Bancar Group menyediakan rumah minimalis dengan desain yang kekinian. Bancar Group menyediakan perumahan subsidi maupun non-subsidi untuk keluarga Anda!

Tidak perlu khawatir akan konsep perumahan yang membosankan, di Bancar Group ada berbagai konsep yang menarik seperti di Bancar Regency Tuntang Salatiga yang menyediakan konsep SAKURA GARDEN, atau Bancar Residence yang menyediakan konsep TROPIS, BALI GARDEN, GREEN LIVING dan banyak pilihan konsep lainnya! (DN)

Jadi tunggu apalagi? Beli MASA DEPAN dengan biaya MASA KINI?

Beli rumah? BANCARIN AJA

_________________________

Untuk mengetahui info, promo dan pertanyaan lainnya silahkan kunjungi sosial media kami di:

FB: Bancar Group

IG: @bancar_group

Twitter: @bancar_group

Youtube: BANCAR TV

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *