Heboh Harga BBM Naik dan Kualitas Pertalite Mengalami Penurunan

Kabar mengenai penurunan harga BBM menjadi pembicaraan masyarakat Indonesia baru-baru ini. Masih banyak sekali terdengar keluh kesah pengendara sepeda bermotor terkait kenaikan harga BBM.

Masih banyak pengendara yang awalnya menggunakan bahan bakar pretamax setelah kenaikan harga BBM kini mulai beralih ke pretalite. Beralihnya konsumen ke bahan bakar pretalite juga keluhkan masalah kualitas bahan bakar minyak jenis pretalite yang makin boros dalam penggunaannya.

Menanggapi keluhan tersebut, Irto Ginting menegaskan tidak ada penurunan kualitas pertalite seperti yang dikeluhkan masyarakat. Irto Ginting mengatakan bahwa penguapan dapat berubah lebih cepat jika temperatur penyimpanan meningkat.Secara spesifikasi, batasan maksimum untuk penguapan (atau yang biasa dikenal dengan istilah destilasi) Pertalite adalah 10 persen, dibatasi maksimal 74 derajat Celcius. “Secara umum produk Pertalite ada di suhu 50 derajat Celcius. Artinya, pada saat temperatur 50 derajat Celcius, Pertalite sudah bisa menguap hingga 10 persen. Semakin tinggi temperatur, maka akan semakin tinggi tingkat penguapannya,” jelasnya dalam postingan bisnis.com.

Hal inilah yang membuat BBM Pertalite yang digunakan seperti mudah habis. Untuk mengatasi hal tersebut, Bisnis.com menyarankan agar masyarakat memarkirkan kendaraannya di tempat yang lebih teduh.

“Proses quality control sebuah produk BBM sebelum bisa dinyatakan layak didistribusikan menuju SPBU ini dimulai dari saat produk tersebut disuplai dari kilang atau impor, saat penyimpanan, hingga sebelum disalurkan ke SPBU. Dalam tiap-tiap proses, produk BBM tersebut harus dinyatakan layak, memenuhi syarat atau standar spesifikasi yang ditentukan Dirjen Migas, jika uji sampel tidak layak, tidak akan bisa keluar dari Terminal BBM,” jelas Irto, Rabu (28/9/2022) pada postingan republika.co.id.

Jadi bisa dilihat, proses quality control ini tidak sembarangan, dilakukan periodik dan tahapannya sudah jelas. Ini adalah komitmen Pertamina Patra Niaga dalam memastikan seluruh produk BBM yang akan dikonsumsi masyarakat ini sesuai spek, sesuai standar kualitas, dan layak digunakan,” ujar irto dalam postingan republika.co.id.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *